Tahukah Anda…. Negara mana penyumbang sampah plastik ke laut terbanyak di dunia?

21 Februari telah resmi ditetapkan sebagai Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Karena hingga saat ini penyebab dari bencana alam di Indonesia disebabkan oleh sampah. Sampah merupakan konsekuensi dari daya aktifitas manusia. Setiap hal yang dilakukan akan menghasilkan buangan atau sampah.

anti tas platik - alena tas belanja ramah lingkunganPermasalahan sampah nasional sudah cukup meresahkan. Saat ini Indonesia merupakan negara penyumbang sampah plastik ke laut terbanyak di dunia. Tiap tahunnya masing-masing kota di dunia setidaknya menghasilkan sampah hingga 1,3 miliar ton. Sayangnya menggunakan kantong plastik adalah kebiasaan masyarakat Indonesia. Namun tahukah Anda bahwa ternyata banyak dampak yang ditimbulkan dari kantong plastik yang digunakan sehari – hari ?

Terbukti bahwa kantong plastik merupakan salah satu penyumbang sampah terbesar. Dampaknya, penumpukan kantong plastik seringkali menyumbat aliran air sehingga menyebabkan banjir. Bayangkan saja, sampah plastik yang jumlahnya tidak sedikit itu baru dapat terurai dalam waktu 500 hingga 1000 tahun dan dapat merusak lingkungan. Dan jika sampah-sampah kantong plastik dibakar, akan membahayakan kesehatan karena akan mengurai diudara sebagai dioksin. Selain itu, dalam proses pembuatannya kantong plastik mengeluarkan biaya yang luar biasa besar. Untuk memproduksi 1 ton plastik diperlukan 11 barel minyak mentah. Bukan hanya itu saja, jutaan pohon pun menjadi korban produksi kantong-kantong plastik yang setiap tahunnya habis sebanyak 17 miliar kantong plastik di seluruh dunia.

Bumi kita memanggil. Untuk itu, maka masyarakat harus bijak dalam bersikap untuk mulai menyadari bahaya penggunaan kantong plastik. Sebagai masyarakat yang cerdas, kita harus memulai merubah kebiasaan dengan beralih menuju kebiasaan lain, yaitu memakai wadah yang ramah lingkungan.

Leave A Comment...

*